Modifikasi Toyota Supra
My Advent | 23.14 |
Otomotif
Modifikasi Toyota Supra RZ 1993 Upgrade Tenaga Jadi Super
By admin on 16 July 2013
Blog Otomotif – Petuah
bijak yang mengatakan : “Jangan menilai sesuatu hanya berdasarkan
tampilan luarnya saja” sepertinya sangat cocok jika ditujukan pada mobil
yang satu ini.
Di balik tampangnya yang kalem, mobil ini menyembunyikan tenaga yang bisa membuat Anda terhenyak. Betapa tidak, di tangan Peter Björck – pemilik bengkel di Swedia yang terkenal dengan kreasi mobil-mobil cepatnya, Toyota Supra RZ lansiran 1993 milik Tobias Andersen ini dimodif dengan sangat apik sehingga pantas untuk disebut sebagai salah satu Toyota Supra tercepat yang pernah ada.
Peter mendatangkan mobil ini langsung
dari Jepang. Pemilik sebelumnya telah memberikan beberapa sentuhan modif
yang kebetulan sejalan dengan ide Peter dalam hal menyulap mobil ini ke
level yang lebih tinggi.
Peter merombak mesin standar 2JZ-GTE 3.0
liter mobil ini dengan aplikasi piston tempa CP oversize dan Garrett
GT47-88 turbo .Beberapa komponen kompetisi lainnya seperti custom
heat-coated exhaust manifold, HKS 60mm wastegate juga turut diadopsi
agar menghasilkan kombinasi yang sempurna.
Agar
mampu menyalurkan daya secara sempurna, sistem transmisi juga diupgrade.
Ini diwakili Factory Getrag V160 6-speed dan Tilton flywheel. Ada pula
Tilton triple-plate clutch dan TRD limited slip differential.
Setelah menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiran, modifikasi mesin Toyota Supra RZ
yang dilakukan Peter tersebut menjadikan mobil berkelir hitam ini mampu
melontarkan tenaga yang luar biasa yakni hingga 1.298 dk !
Modifikasi pada Toyota Supra ini
menjadikannya sebagai mobil yang memiliki fungsi ganda, yaitu dapat
digunakan sebagai kendaraan harian, namun sekaligus juga dapat digeber
di arena drag race.
Jika digunakan sebagai mobil harian, Toyota Supra RZ menggunakan pelek Work Meister S1 3-piece 18 inci berlapis ban Yokohama A048R. Namun ketika diterjunkan ke arena drag race, pelek diganti dengan Weld Alumastar 17 inci berlapis ban Mickey Thompson.
Masuk ke dalam kabin, sudah sewajarnya
jika kebanyakan mobil yang mendapat fokus pada mesin dan kecepatan akan
mengorbankan sisi kenyamanan bagi pengendaranya. Pun demikian, mobil ini
masih dibangun dengan tetap memperhatikan kenyamanan bagi sang
pengemudi. Salah satunya adalah desain bentuk komponen interior yang
dibuat agar tidak terlalu banyak memakan tempat, sehingga memberikan
sedikit ruang lega bagi pengemudi. Kesan mobil balap juga kian terpancar
dari jok dan setir mobil ini yang semuanya dipasangi dengan merek
Sparco.
Apa yang telah dilakukan oleh Peter ini
bukan suatu hal yang terbilang mudah. Pasalnya, untuk mendongkrak tenaga
Toyota Supra hingga bisa memiliki kemampuan seperti itu diperlukan
kerja ektra keras yang dapat menguras tenaga dan waktu.
Peter sama sekali tidak pernah mematok
target tertentu dalam hal seberapa besar tenaga yang ingin dihasilkannya
ketika membangun Supra ini. Semua dikerjakan dengan natural, tapi hasil
yang didapatkan justru diluar ekspektasi. Hebatnya lagi, Peter
benar-benar memulai semuanya dari nol ! Karena ia memang belum pernah
mengerjakan proyek modifikasi Toyota Supra sebelumnya.
0 komentar:
Posting Komentar